Pelayanan sirkulasi

Pengertian  
Pelayanan sirkulasi adalah kegiatan kerja pada perpustakaan yang berupa pemberian bantuan kepada pemakai perpustakaan dalam proses peminjaman dan pengembaliaan bahan pustaka.

Sistem layanan Sirkulasi terbuka 
Kelebihan:  
a. Menghemat tenaga pustakawan
b. Judul-judul buku yang diketahui lebih banyak.
c. Mudah mengindetifikasi judul buku yang dipinjam, nama dan alamat peminjam.
d. Apabila pengguna tidak menemukan buku yang dicari dapat mengganti judul lain relevan.
e. Kecil kemungkinan terjadi salah paham
Kekurangan:
a. Kemungkinan kerusakan lebih besar.
b. Memerlukan ruangan yang lebih luas.
 c. Susunan buku menjadi tidak teratur.
d. Pengguna yang pertama kali datang keperpustakaan sering kebingungan.
Inovasi
Frekwensi kerusakan lebih besar.
Memerlukan ruangan yang lebih luas. Sebab letak rak satu dengan yang lain memerlukan jarak yang longgar.
Susunan buku menjadi tidak teratur. Oleh karena itu pustakawan harus sering menyusun buku.
Pengguna yang pertama kali datang keperpustakaan itu sering bingung. (Perpustakaan Nasional RI; 1999:33)
Solusi
Bahwa system layanan tebuka merupakan system yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil sendiri koleksi yang di kehendaki dari jajaran koleksi. Namun system layanan tebuka memerlukan keamanan yang lebih baik karna kemungkinan buku hilang relative lebih besar.

Sistem Layanan sirkulasi tertutup
Keuntungan 
a. Susunan koleksi akan tetap rapi
b. Terjadinya kehilangan dan kerusakan bahan perpustakaan dapat diminimalisir
c. Ruangan perpustakaan yang disediakan tidak perlu luas.
d. Cocok untuk koleksi yang sangat rentan terhadap kerusakan
Kekurangan
a. Dalam menemukan bahan pustaka pengguna hanya dapat mengetahui ciri-ciri kepengarangan dan ciri-ciri fisik bahan pustaka yaitu judul, pengarang, ukuran buku dan jumlah halaman.
b. Judul buku yang dipilih melalui katalog kartu maupun online tidak selalu menggunakan buku yang dimaksud.
c. Pengguna tidak dapat melakukan pencarian langsung di rak.
d. Jika peminjam banyak, dan tugas perpustakaan relativ terbatas hal ini membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak, sehingga pemakai harus menunggu lebih lama.
Inovas
Pengguna kurang puas dalam mencari koleksi bahan pustaka yang diinginkannya
Koleksi yang didapat kadang-kadang tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai
Tidak semua pemakai paham menggunakan katalog
Tidak semua koleksi dapat didayagunakan
Petugas lebih sibuk
Solusi
Bahwa system layanan tertutup merupakan system yang tidak memperbolehkan pengguna mencari dan mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan dari jajaran koleksi, melainkan harus melalui petugas sehingga kerapian dan kehilangan buku lebih terjamin
Sumber
https://sites.google.com/site/layananperpustakaan/jenis-layanan-perpustakaan/layanan-sirkulasi/sistem-layanan-sirkulasi/pelayanan-terbuka
https://pujihastuti.blogspot.com/2012/03/sistem-layanan-perpustakaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembagian ilmu dari pohon ilmu dan science mapping

siklus transfer informasi

evaluasi kinerja simpan dan temu balik informasi